Beranda / Info Kegiatan / Ikuti Pelatihan Jurnalistik Intensif Bersama FIPS dan Bumisyam, Gratis!!

Ikuti Pelatihan Jurnalistik Intensif Bersama FIPS dan Bumisyam, Gratis!!

foto

Krisis kemanusiaan yang terjadi di Bumi Syam, khususnya Palestina dan Suriah, merupakan tragedi kemanusiaan terbesar saat ini di dunia. Informasi kemanusiaan di Bumisyam masih minim diterima masyarakat.

Menurut laporan yang dikeluarkan PBB per bulan November, sudah lebih dari 400.000 rakyat Suriah tewas dan memaksa 7,6 juta warganya menjadi pengungsi di negara Arab dan Eropa.

Kejadian terbaru adalah serangan udara Rusia ke Suriah. Kelompok HAM di Suriah, Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mencatat, sejak Rusia menyerang Suriah pada tanggal 30 September 2015 hingga 20 November 2015, 403 penduduk sipil telah tewas, termasuk di antaranya adalah anak-anak.

Sementara jumlah korban tewas di Palestina akibat kejahatan penjajahan Israel sudah tak terhitung jumlahnya. Selama Oktober 2015, Departemen Kesehatan Palestina mencatat, 2167 warga Palestina ditembak oleh Israel.

5.645 orang Palestina lainnya menderita luka karena menghirup gas air mata yang dilepaskan tentara Israel. Bahkan 79 warga Palestina gugur sepanjang bulan Oktober. Di antara 17 korban meninggal itu di antaranya anak-anak.

Saat warga Palestina dan Suriah sulit melaporkan keadaan di Bumi Syam, justru televisi, internet, dan komputer hadir menyampaikan penderitaan warga Palestina dan Suriah.

Di Suriah, jurnalis dan media turut beraksi meluncurkan kampanye nasional untuk menekan pemerintah mereka supaya membantu para pengungsi yang kelaparan. Lebih dari 60 TV, radio dan media lainnya, selain ratusan blogger yang bekerja untuk mengekspos krisis kemanusiaan tersebut.

Melihat urgensi itulah Forum Indonesia Peduli Syam (FIPS) bekerjasama dengan situs Bumisyam.com menggelar Pelatihan Jurnalistik Intensif bagi masyarakat luas untuk bekerja dalam isu kemanusiaan.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat luas untuk berkontribusi dalam isu kemanusiaan. Kami berharap dari hasil pelatihan ini dapat menjaring para relawan jurnalis dalam yang siap bekerja dalam isu kemanusiaan di Bumi Syam.

Pelatihan ini akan diisi oleh jurnalis dan redaktur media Islam. Pelatihan akan dilaksanakan pada setiap hari Sabtu mulai tanggal 19 Desember sampai 9 Januari 2016 dan digelar di kantor redaksi Bumisyam.com.

Informasi pendaftaran bisa menghubungi:

  • 087839447525 (Mathori)
  • 085691262654 (Tommy).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *