Beranda / Berita Internasional / Jika Dapat Jaminan Keamanan, Palang Merah Internasional Siap Lakukan Evakuasi Kembali Korban Aleppo

Jika Dapat Jaminan Keamanan, Palang Merah Internasional Siap Lakukan Evakuasi Kembali Korban Aleppo

Sejak proses evakuasi berhenti pada hari Jum’at, Palang Merah Internasional meminta persetuan cepat kepada pihak bertikai untuk izinkan mereka mengevakuasi kembali Aleppo, palang Merah Internasional siap lakukan evakuasi kembali, jika mendapat jaminan keamanan dalam proses evakuasi tersebut.

BUMISYAM|Suriah (18/12) – Sehari setelah evakuasi berhenti pada hari Jum’at, Komite Palang Merah Internasional (ICRC) meminta pihak yang bertikai di Suriah untuk segera menyetujui rencana mengevakuasi kembali korban Aleppo Timur dan memberikan jaminan keselamatan kepada tim evakuasi.

“Kami siap untuk melanjutkan dan memfasilitasi evakuasi sesuai dengan mandat kemanusiaan. Namun sekarang, kami berharap semua pihak bertikai untuk menyediakan kami jaminan keselamatan guna menjaga berjalannya operasi evakuasi, kata kepala ICRC di Suriah, Marianne Gasser.

Dilaporkan Zaman Al Wasl (17/12), petugas ICRC mengatakan, saat ini, ribuan orang di Aleppo, termasuk para perempuan, anak-anak, orang sakit maupun terluka sedang dalam kondisi kedinginan dan ketakutan dan mereka menunggu bantuan evakuasi dari kita.

“ Masyarakat Suriah telah mengalami banyak penderitaan, dan hingga saat ini, mereka mengharapkan kita untuk terus melakukan evakuasi, oleh karena itulah sangat penting bagi pihak yang terkait dengan konflik untuk mengakhiri peperangan, “ kata Gasser.

Selama proses evakuasi, ICRC telah berhasil mengevakuasi sekitar 10.000 orang, dimana banyak dari mereka yang berada dalam kondisi kesehatan kritis.

Sedangkan perwakilan Organisai Kesehatan Dunia (WHO) di Suriah Elizabeth Hoff mengatakan, bahwa WHO dan bantuannya lainnya sendiri belum hadir di titik transit Aleppo Timur. (Eka Aprila)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *